Senin, 21 Maret 2016

25 FAKTA MENARIK MENGENAI ORACLE CORPORATION


  1. Perusahaan ini dimulai dengan berdirinya Laboratorium Pengembangan Peranti Lunak pada tahun 1977 dengan modal patungan senilai US$ 1.200. Pada tahun 1979 berubah menjadi perusahaan Realitional Software Inc. dan berubah nama menjadi Oracle Systems Corporation pada tahun 1982. Kemudian berubah lagi menjadi Oracle Corporation pada 1995.
  2. Lawrence Joseph Ellison atau yang lebih dikenal dengan Larry Ellison, Founder Oracle, adalah orang terkaya ke-5 dunia versi majalah Forbes dengan nilai total kekayaan sebesar US$ 54,3 milyar.
  3. Kekayaan fantastis tersebut diperoleh Larry sebagian besar dari Oracle Corporation. Forbes 2006 juga menyatakan Larry sebagai orang California terkaya.
  4. Sang Founder, Larry Ellison telah menjadi CEO Oracle semenjak awal Oracle berdiri sampai tahun 2014, ketika Safra Catz dan Mark Hurd ditunjuk oleh Larry sebagai CEO menggantikan Larry.
  5. Di Oracle, Larry Ellison sekarang bertindak sebagai Executive Chairman dan CTO (Chief Technology Officer).
  6. Sewaktu menjadi CEO, Larry Ellison dinyatakan oleh majalah Forbes sebagai CEO dengan bayaran termahal.
  7.  Konsumen pertama Laboratorium Pengembangan Peranti Lunak adalah Central Intelligence Agency (CIA), yang meminta untuk dibuatkan sebuah sistem database. Terciptalah Relational Database Management System (RDBMS). Proyek CIA ini dinamakan Oracle, yang tidak lama kemudian dijadikan nama perusahaan. Perusahaan bekerja sama dengan CIA selama 4 tahun dari 1977 – 1981.
  8. Ide pemuatan RDBMS yang digunakan para founder Oracle (Larry Ellison, Bob Miner, dan Ed Oates) terinspirasi dari hasil publikasi penelitian oleh IBM, yaitu Structured Query Language (SQL). Padalah para petinggi IBM sendiri tidak begitu menyadari nilai potensi SQL saat itu. 
  9. IBM bekerja sama dan menjadi pelanggan setia Oracle, setelah Oracle membuat aplikasi komersial Oracle 2 yang menyebabkan penghasilan Oracle naik setiap tahun dari 1980 hingga 1987.
  10. Namun saat ini, IBM menjadi pesaing utama Oracle di industri teknologi perangkat lunak, bersama dengan Microsoft.
  11. Pada tahun 1986, harga IPO Oracle adalah US$ 31,5 juta. Namun 4 tahun setelahnya, pada tahun 1990, Oracle jatuh bangkrut dikarenakan kecenderungan para petinggi Oracle yang terlalu memandang tinggi nilai laba. Penjualan Oracle pun merosot hingga 80%. Larry sendiri hampir kehilangan segala miliknya.
  12. Pada 1992 para petinggi perusahaan didepak dari kursinya untuk membenahi perusahaan. Pada saat yang sama, perusahaan merilis Oracle 7. Pada 1998 Larry Ellison berkata, “Jika internet bukanlah masa depan, perusahaan kami pasti sudah mati. Namun jika sebaliknya, perusahaan kami layaknya emas. 
  13. Oracle Corporation telah mengakuisisi lebih dari 57 perusahaan selama perjalanan perusahaan. Salah satu nilai akuisisi yang paling fantastis adalah ketika perusahaan membeli PeopleSoft pada tahun 2005 senilai US$ 10,3 milyar.
  14. Selain PeopleSoft, Oracle juga membeli Sun Microsystems senilai US$ 7,4 milyar, dan Phase Forward dengan harga US$685 juta. 
  15.  Saat ini Oracle memiliki pelanggan sebanyak 345.000 di seluruh dunia, dengan mitra lebih dari 21.000 pihak.
  16. Pribadi Larry Ellison hampir dapat disamakan dengan Tony Stark di film Iron Man. Larry adalah seorang milyuner nyentrik, ego tinggi dan bangga pada diri sendiri dan kesuksesannya.
  17. Larry berteman baik dengan Steve Jobs selama lebih dari 25 tahun. Namun ia membenci Microsoft dan Bill Gates. Ini dapat dimaklumi karena Oracle disebut-sebut sebagai perusahaan software terbesar kedua setelah Microsoft. Oracle selama ini terus berjuang untuk bisa mengalahkan pesaingnya tersebut.
  18. Pada tahun 2010, Oracle menggugat Google karena menggunakan Java APIs dalam sistem Android mereka tanpa persetujuan. Ini adalah salah satu dari beberapa konflik legal dimana Oracle terlibat.
  19. Pada tahun 2003, sebuah buku ditulis tentang Larry Ellison oleh seorang jurnalis, Mike Wilson, dirilis dengan judul: The Difference Between God and Larry Ellison: God Doesn’t Think He’s Larry Ellison (Perbedaan antara Tuhan dan Larry Ellison: Tuhan Tidak Berpikir Bahwa Ia adalah Larry Ellison).
  20. Pada 2006, pada tahun yang sama ketika Forbes menyatakan Larry sebagai orang California terkaya, Larry membuat berita menghebohkan ketika Ia menyumbangkan uang donasi sebesar US$ 115 juta kepada Universitas Harvard. 
  21. Ellison pernah memiliki kapal pesiar pribadi terbesar di dunia bernama Rising Sun, sampai ia menjualnya pada David Geffen pada tahun 2010. Larry juga memiliki surat izin sebagai seorang pilot, dan memiliki 2 jet militer. 
  22. Larry Ellison pernah menjadi cameo di film Iron Man 2, bersama dengan pengusaha teknologi lain, Elon Musk.
  23. Larry Ellison adalah salah satu dari 128 –atau lebih, milyuner yang bergabung dalam The Giving Pledge, sebuah komunitas yang bertujuan untuk berkomitmen dalam penyumbangan sebagian kekayaannya untuk tujuan-tujuan filantropi. 
  24. Larry berusaha membeli 2 tim NBA, yaitu the New Orleans Hornets dan Golden Gate Warriors, namun upayanya gagal. Meski tidak memiliki tim, Larry tetap memiliki Oracle Stadium.
  25.  Larry Ellison diberitakan memiliki banyak properti real estate di seluruh dunia, termasuk Rhode Island, taman bersejarah di Kyoto dan pulau pribadi, Lanai di Hawaii.

0 komentar:

Posting Komentar