Senin, 21 Maret 2016

Mengenal Investor Tersukses d Dunia: Warren Buffett

Warren Buffett

Warren Edward Buffett, lahir pada 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Howard Buffett dan ibunya bernama Leila Buffett.

Buffett muda telah menunjukkan ketertarikannya pada saham sejak kecil. Ketertarikannya itu ia tunjukkan dengan cara menulis harga-harga saham di papan tulis di kantor broker ayahnya. Buffett pernah berkata pada teman bermainnya, bahwa ia akan melompat dari gedung tertinggi di Omaha jika ia tidak menjadi seorang milyuner pada usia 30 tahun. Pada umur 11 tahun, Buffett muda membeli saham pertamanya, City Service di New York Stock Exchange.

Ketika Buffett kecil tumbuh, Nebraska sedang terkena imbas dari peristiwa Depresi Besar. Kantor ayahnya pun mengalami kebangkrutan. Sebagai seorang bocah dari Depresi Besar, Buffett tumbuh sebagai seseorang yang sangat menghargai nilai uang.

Umur 13 tahun, Buffett menjadi seorang pengantar koran. Ia menyelesaikan pekerjaannya tersebut dengan bagus. Buffett membuat rute baru bagi pengantaran koran dan mampu mengantarkan semua koran secara cepat.

Usia muda Buffett dilalui dengan melakukan berbagai pekerjaan dan bisnis. Ia mampu menghasilkan $53.000 pada usia 16 tahun. Sejumlah uang yang sangat banyak untuk anak seusia itu. Bagaimana ia melakukannya?


  • Buffett mengisi waktu luangnya dengan mencari bola golf yang hilang di lapangan, untuk kemudian dijual kembali. 
  • Buffett membeli mesin pinball dan meletakkannya di toko-toko di Omaha. Lama kemudian Buffett memiliki banyak mesin dan menempatkannya di puluhan toko. 
  • Buffett membeli sebuah mobil dengan modal patungan bersama teman-temannya untuk kemudian disewakan. 
  • Di umur 15 tahun, Buffett membeli 40 hektar tanah senilai $2.000 dan memperkerjakan orang untuk berkebun.

Warren pernah ditolak masuk Harvard, jadi ia melanjutkan pendidikannya di Columbia Business School. Di sanalah ia bertemu dengan mentornya, Benjamin Graham.

Dari Graham Buffett belajar banyak hal tentang investasi saham. Ia mengenal Graham dari bukunya, “The Intelligent Investor” dan baru bertatap muka bertahun-tahun kemudian. Buffett berkata buku itu adalah buku terbaik tentang investasi dan masih menjadi satu-satunya yang terbaik. Di Universitas, Buffett banyak belajar teori dan pemikiran Graham mengenai Value Investing, yang selama ini menjadi gaya investasi Buffett. (Sebelum Buffett mengenal Karl Popper, penggagas Growt Investing)

Warrenn Buffett sukses menjalin kemitraan investasi dan menjadikan Berkshire Hathaway (BRK.A), bekas perusahaan tekstil menjadi perusahaan investasi terkemuka di dunia. Beberapa perusahaan terkenal yang diakuisisi oleh Berkshire Hathaway antara lain: American Express Co. (AXP), Costco Wholesale Corp. (COST), DirectTV (DTV), General Electric Co. (GE), General Motors Co. (GM), Coca-Cola Co. (KO), International Business Machines Corp. (IBM), Wal-Mart Stores Inc. (WMT), Proctor & Gamble Co. (PG) and Wells Fargo & Co. (WFC).

Warren Buffett kini merupakan orang terkaya kedua di dunia dengan total kekayaan bersih senilai $58,5 milyar, di bawah Bill Gates dengan total kekayaan bersih senilai $72 milyar.

Warren Buffett Quote:
"Rule No. 1: Never lose money. Rule No. 2: Never forget rule No.1."

0 komentar:

Posting Komentar